Menyoal Kenaikan STNK

pajak

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyatakan kenaikan tarif atau biaya pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) naik hingga 100 persen karena mempertimbangkan faktor inflasi dan peningkatan layanan yang menjadi fungsi Kepolisian RI.

Pemerintah telah menetapkan peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2016 tentang jenis dan tariff atas penerimaan Negara Bukan Pajak (PNKB) tanggal 6 Desember lalu. Peraturan ini akan segera berlaku di seluruh wilayah tugas kepolisian

Setelah kemarin dibuat geger dengan terungkapnya kasus-kasus pungli, hingga presiden jokowidodo memberikan perintah untuk serius dalam menghapus pungli, kini isu kenaikan STNK menjadi perbincangan dan menjadikan banyaknya pro kontra antara atas keputusan kenaikan pajak STNK ini.

Peneliti dari Indonesia Tax Care (INTAC), Basuki Widodo menilai penyesuaian tarif penerimaan negara bukan pajak (PNBP) pengurusan surat-surat kendaraan bermotor sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tidak adil. Hal tersebut karena kenaikan tarif tidak diikuti dengan peningkatan kualitas jasa pelayanannya.(Republika).

“Penaikan PNPB tidak adil karena pelayanan masih buruk, banyak uang yang diberikan pada oknum tertentu misalnya untuk mempercepat antrean. Ini yang perlu diperbaiki, bukan dengan menaikkan tarif,” kata Widodo dalam konferensi pers di Sekretariat Nasional Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Seknas Fitra), Jakarta, Kamis (5/1).

“Penerapan dan pengawalan PNBP masih menjadi pertanyaan. Kebijakan ini terbalik dengan saber pungli karena bisa menjadi ladang pungli baru,” ujarnya.

Menurut Pungky salah seorang warga dari Semarang mengatakan bahwa selama kenaikan pajak digunakan dengan benar tidak masalah, asalkan jangan sampai kenaikan pajak ini menjadi kasus pungli, sehingga merugikan banyak pihak.

 

Iklan

Tentang zakariya47

secangkir seduhan teh tanpa gula di pagi hari
Pos ini dipublikasikan di NEWS & TIPS. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s