Persahabatan 5 Anak Muda

resensi-novel-5-cmJudul Novel : 5 cm
Penulis  : Donny Dhirgantoro
Penerbit  : PT. Grasindo
Tahun Terbit : 2007
Tebal  : 381 halaman

Persahabatan 5 Anak Muda

SINOPSIS – Kalau kamu suka dengan novel yang menceritakan tentang persahabatan, buu ini adalah buku yang tepat untuk kamu konsumsi. Buku 5 cm ini menceritakan tentang persahabatan lima orang anak muda yang menjalin persahabatan selama, mereka diantaranya  bernama Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta. Persahabatan yang mereka jalin selama tujuh tahun ini menjadikan mereka sahabat yang kompak, memiliki obsesi dan impian masing- masing, mereka selalu pergi bersama dan ketemu setiap saat.

Arial adalah pria terganteng diantara mereka, serta bertubuh atletis. Riani adalah gadis berkacamata, cantik, cerdas dan mengutamakan prestasi. Zafran merupakan pria yang berbadan kurus, anak band,kocak, senang bersyair dan membuat puisi-puisi, hidupnya seperti kurang lengkap jika tidak bersyair selama sehari. Ian adalah tokoh yang gila bola, suka makan terutama indomie, dan penggemar artis Happy Salma. Genta merupakan leader (pemimpin) diantara sahabat-sahabatnya. Genta adalah sosok yang baik, seorang aktivis kampus.

Hampir setiap hari mereka bertemu, menghabiskan waktu bersama, sampai genta, salah seorang sahabatnya merasa harus ada perubahan pada persahabatannya agar tidak bosan dengan rutinitasnya. Akhirnya mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi selama tiga bulan.

Hati mereka lebih kaya, pandangan mereka lebih luas setelah mereka tidak bertemu selama tiga bulan. Arial yang jatuh cinta sama temen fitnessnya, Riani yang sukses di tempat kerjanya, Ian yang akhirnya berhasil menyelesaikan skripsinya, Genta yang sukses sebagai EO sebuah pameran dan Zafran yang semakin tergila-gila sama Arinda, adik kandung Arial.

Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya genta membuat ide untuk merayakan pertemuannya dengan sebuah perjalanan ‘reuni’ mereka dengan mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, “Mahameru”. Dan dalam perjalanan inilah mereka menemukan arti persahabatan yang sesungguhnya.

Genta yang merencanakan perjalanan ke mahameru dengan memberi tahu pertemuan pertamanya di Stasiun kereta api Senen, Stasiun Lempuyungan (Yogyakarta), Ranu Pane, Ranu. Setelah disana baru dijelaskan tujuan mereka.

Arti dari 5 cm mulia terungkap disini, perjalanan yang menjadikan mereka semakin cinta dengan sahabat, negeranya, dan lingkungannya.

Keindahan alam yang disuguhkan dalam bentuk tulisan ini membawa pembaca dalam situasi imajinasi yang sangat indah.

Dalam novel ini, terdapat kata-kata yang membuat kita terinspirasi untuk semangat menjalani kehidupan. Ditambah lagi penggunaan bahasa yang mudah dimengerti dan penempatan setting waktu dan tempat yang sangat detail.

Pada saat akhir cerita, keadaannya sangat begitu memaksakan, dengan pembentukan keluarga antar sahabat ditambah lagi dengan keturunan-keturunan mereka yang mempunyai sifat dan karakteristik yang sama dari para orangtuanya.

 

Iklan

Tentang zakariya47

secangkir seduhan teh tanpa gula di pagi hari
Pos ini dipublikasikan di Buku, Resensi dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Persahabatan 5 Anak Muda

  1. D. Y. Firmanto berkata:

    Hahaha, endingnya emang absurd banget sih, tapi yang saya suka dari buku ini adalah banyaknya lirik-lirik lagu yang bertebaran di setiap bab-nya. Sayangnya lagu-lagu tsb tak ditampilkan di filmnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s