Alasan Kenapa Kita Harus Bershalawat

dzikirAlasan kenapa kita harus bershalawat – Shalawat adalah salah satu ibadah yang paling mudah dilakukan, karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Banyak pendapat tentang pengertian Sholawat untuk nabi sollallohu alaihi wa sallam, dan yang benar adalah seperti apa yang dikatakan oleh Abul Aliyah:

“Sesungguhnya Sholawat dari Allah itu adalah berupa pujian bagi orang yang bersholawat untuk beliau di sisi malaikat-malaikat yang dekat”

Imam Bukhari meriwayatkannya dalam Shohihnya dengan komentar yang kuat. Dan ini adalah mengkhususkan dari rahmat-Nya yang bersifat umum. Pendapat ini diperkuat oleh syekh Muhammad bin ‘Utsaimin.

Salam: Artinya keselamatan dari segala kekurangan dan bahaya, karena dengan merangkaikan salam itu dengan sholawat maka kitapun mendapatkan apa yang kita inginkan dan terhapuslah apa yang kita takutkan.

Jadi dengan salam maka apa yang kita takutkan menjadi hilang dan bersih dari kekurangan dan dengan sholawat maka apa yang kita inginkan menjadi terpenuhi dan lebih sempurna.

Shalawat sudah terbukti memiliki kekuatan yang dahsyat, dan sudah tidak diragukan lagi keberkahannya. Oleh karena itu ada beberapa alasan yang menjadikan shalawat sangat penting untuk dijalankan sebagai rutinitas. Beberapa alasan itu adalah:

doa-membuka-rezekiMendapatkan sepuluh sholawat dari Allah bagi yang membaca sholawat satu kali.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak).”

Hadits diatas ini menunjukkan keutamaan bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan anjuran memperbanyak shalawat tersebut, karena ini merupakan sebab turunnya rahmat, pengampunan dan pahala yang berlipatganda dari Allah Ta’ala.

shalawatDitulis baginya sepuluh kebaikan dan dihapus darinya sepuluh kejahatan.

Bagi orang yang senang membaca shalawat maka akan dihapus darinya sepuluh kejahatan dan ditulis baginya sepuluh kebaikan.

Janji Allah pada hambanya yang senang melantunkan bacaan shalawat salah satunya adalah dengan mengganti sepuluh keburukan dengan sepuluh kebaikan.

shalawat1Dikenal Oleh Rasul Bagi Orang Yang Bersholawat

Nama orang yang bersholawat itu akan disebutkan dan diingat di sisi Rasul sollallohu ‘alaihi wa sallam seperti penjelasan terdahulu, sabda Rasul:

“Sesungguhnya sholawat kalian akan diperdengarkan kepadaku.” 

Sabda beliau yang lain:

“Sesungguhnya Allah mewakilkan malaikat di kuburku yang menyampaikan kepadaku salam dari umatku.” 

Dan cukuplah seorang hamba mendapatkan kehormatan bila namanya disebut dengan kebaikan di sisi Rasulullah sollallohu ‘alaihi wa sallam.

1067471_90400550-lowres4Mendapatkan Cinta Rasul

Akan senantiasa mendapatkan cinta Rasulullah sollallohu ‘alaihi wa sallam bahkan bertambah dan berlipat ganda. Dan itu termasuk ikatan Iman yang tidak sempurna kecuali dengannya, karena seorang hamba bila senantiasa menyebut nama kekasihnya, menghadirkan dalam hati segala kebaikan-kebaikannya yang melahirkan cinta, maka cintanya itu akan semakin berlipat dan rasa rindu kepadanya akan semakin bertambah, bahkan akan menguasai seluruh hatinya.

Tetapi bila ia menolak mengingat dan menghadirkannya dalam hati, maka cintanya akan berkurang dari hatinya. Tidak ada yang lebih disenangi oleh seorang pecinta kecuali melihat orang yang dicintainya dan tiada yang lebih dicintai hatinya kecuali dengan menyebut kebaikan-kebaikannya.

Bertambah dan berkurangnya cinta itu tergantung kadar cintanya di dalam hati, dan keadaan lahir menunjukkan hal itu.

doa

Doanya Mudah Terkabul

Allah berjanji pada hambanya bagi siapa saja yang ingin terkabul doanya maka awalilah doamu dengan membaca shalawat.

Karena dengan membaca shalawat kita sedang berwasilah kepada Nabi Muhammad. Dan Nabi Muhammad adalah kekasih Allah yang berarti sangat dekat dengan Allah.

syukurMendapatkan Petunjuk dari Allah

akan mendapatkan petunjuk dan hati yang hidup. Semakin banyak ia bersholawat dan menyebut nabi, maka cintanyapun semakin bergemuruh di dalam hatinya sehingga tidak ada lagi di dalam hatinya penolakan terhadap perintah-perintahnya, tidak ada lagi  keraguan terhadap apa-apa yang dibawanya, bahkan hal tersebut telah tertulis di dalam hatinya, menerima petunjuk, kemenangan dan berbagai jenis ilmu darinya.

Ulama-ulama yang mengetahui dan mengikuti sunnah dan jalan hidup beliau, setiap pengetahuan mereka bertambah tentang apa yang beliau bawa, maka bertambah pula cinta dan pengetahuan mereka tentang hakekat sholawat yang diinginkan untuknya dari Allah.

demikianlah beberapa alasan kenapa kita harus bershalawat, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Iklan

Tentang zakariya47

secangkir seduhan teh tanpa gula di pagi hari
Pos ini dipublikasikan di AGAMA, ARTIKEL dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s